Program studi Statistika Universitas Hamzanwadi menjalankan kurikulum berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berorientasi pada panduan naskah akademik standar kompetensi lulusan dan standar kurikulum pendidikan statistika

Program studi Statistika  (S1) menawarkan 153 sks mata kuliah yang terdiri dari 143 sks mata kuliah wajib dan 10 sks mata kuliah pilihan. Dari 153 sks yang ditawarkan mahasiswa program studi statsitika wajib mengambil 143 sks yang terdiri dari 147 sks mata kuliah wajib dan minimal 4 sks mata kuliah pilihan yang ditempuh selama 8 Semester

Kelompok-kelompok bidang ilmu/kajian yang menjadi pokok program studi adalah

1. Statistika Keuangan

Statistika Keuangan didesain untuk para mahasiswa yang memiliki minat khusus pada pemodelan statistika  dalam industri keuangan.  Berbagai topik  khusus tentang   keuangan  dikaji   termasuk pricing,    hedging,    portofolio,   dan risk assestment dari  produk-produk keuangan, baik  yang deterministik maupun stokastik.  Lulusan minat Statistika  Keuangan  akan memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu statistik  dalam menyelesaikan  masalah di industri keuangan. Lulusan juga didorong untuk bekerja di sektor keuangan dan instansi pemerintah seperti:  Bank-bank besar,  Perusahaan    konsultasi  keuangan, Perusahaan pembiayaan, Departemen keuangan, dan lain-lain.

2. Aktuaria

Aktuaria adalah suatu disiplin ilmu yang menerapkan metode-metode  Statistika maupun Matematika didalam menentukan pricing dan  resiko  pada industri Asuransi dan Keuangan. Ilmu aktuaria merupakan gabungan dari beberapa cabang ilmu, seperti ilmu peluang, matematika,  statistika, keuangan dan ekonomi, dan komputer. Seseorang yang memiliki keahlian dalam ilmu aktuaria disebut dengan Aktuaris.

3. Biostatistika

Biostatistika adalah pengembangan dan aplikasi statistika untuk permasalahan dalam bidang ilmu hayati. Profesi biostatistisi (biostatisticians) banyak diperlukan dalam  bidang-bidang seperti  lembaga penelitian  dan  konsultan, institusi pendidikan terkait ilmu kesehatan,  lembaga pemerintah atau swasta bidang kesehatan atau rumah sakit, industri obat dan farmasi.

Sebaran Mata Kuliah Antar Smester