F M I P A

Info Detail

Lokakarya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Case Studi

2023-07-26

Lombok Timur - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hamzanwadi gelar lokakarya peningkatan kualitas pembelajaran berbasis case studi atau project based learning melalui program kompetisi kampus merdeka (PK-KM), Sabtu (22/07/2023).

 

 

Lokakarya ini dihadiri oleh sejumlah dosen dan staf pengajar Prodi Statistika, serta diikuti oleh mahasiswa program yang tengah menempuh pendidikan di bidang statistika.

 

Selain itu, lokakarya ini juga turut dihadiri oleh beberapa narasumber dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta dan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

 

Menurutnya, dalam lokakarya ini, para peserta mendapatkan beragam materi terkait implementasi dan pengembangan pembelajaran berbasis kasus dan proyek. Metode pembelajaran Case Project-Based Learning Program merupakan pendekatan yang diterapkan untuk memberikan pelajaran yang lebih kontekstual dan berorientasi pada solusi nyata.

 

Dekan Fakultas MIPA Dr. H. Edy Waluyo meyatakan bahwa dengan diadakannya lokakarya ini diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis Case Project-Based Learning melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM)

 

Selain itu, beliau mengungkapkan bahwa " Para mahasiswa diajak untuk berpartisipasi dalam kelompok kerja, melakukan analisis terhadap kasus-kasus nyata, serta menghadapi berbagai tantangan statistika yang kompleks, yang kemungkinan akan mereka hadapi di dunia kerja nanti.,"

 

Di samping itu, Prodi Statistika Universitas Hamzanwadi juga menyoroti pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah melalui program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Harapannya, dengan penerapan metode pembelajaran yang inovatif ini, para mahasiswa akan menjadi lebih siap dan terampil dalam mengaplikasikan ilmu statistika di berbagai sektor, serta aktif berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Acara lokakarya ini mendapat apresiasi tinggi dari peserta, baik mahasiswa maupun dosen, karena memberikan wawasan dan pengalaman berharga yang tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga praktis. Semoga langkah progresif ini akan menjadi pendorong bagi program studi lain di Universitas Hamzanwadi untuk mengadopsi metode pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan tuntutan masa depan.